Private Tour Sehari di Kota Tomohon

Berikut adalah informasi tentang tour kota Tomohon. Kota Tomohon menjadi daerah otonom pada tahun 2003. Semenjak memisahkan diri dari daerah induk, pembangunan di kota kecil ini meroket. Infrastruktur di bangun di sana sini. Perekonomian menjadi semakin berkembang. Dalam sejarahnya, kota ini merupakan pusat misi Zending pada zaman Hindia Belanda. Meskipun begitu, benda-benda peninggalan sejarah tidak banyak ditemukan di Tomohon. Hanya ada beberapa bangunan bersejarah yang dibangun pada zaman Hindia Belanda. Termasuk diantaranya adalah gereja GMIM Sion Tomohon, Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, Meijsesschool Kaaten dan BLPT. Selebihnya adalah bangunan-bangunan baru. Namun demikian, pengaruh Hindia Belanda sangat kental dalam kehidupan masyarakat kota Tomohon.

Tomohon adalah kota sejuk kecil di Sulawesi Utara. Kota ini terletak di antara dua gunung berapi aktif. Di sisi barat ada gunung Lokon. Di sisi timur ada gunung Mahawu. Tomohon dikenal dengan sebutan Kota Bunga. Lantaran setiap tahun kota ini pagelaran perhelatan internasional dengan tajuk Tomohon International Flower Festival (TIFF).

Penduduk yang Ramah

Penduduk kota Tomohon berasal dari bangsa Minahasa, dari suku Tombulu. Bangsa Minahasa meyakini bahwa Suku Tombulu adalah salah suku tertua di semenanjung Minahasa. Namun demikian, tidak banyak catatan sejarah yang menjelaskan suku Minahasa ini. Kalaupun ada, semuanya tercatat dengan rapi di perpustakaan-perpustakaan di Belanda dan Jerman.

Penduduk Tomohon berbicara bahasa tombulu. Namun lantaran bahasa Tombulu adalah bahasa suku, bahasa ini sudah sangat jarang dituturkan. Kebanyakan penduduknya menggunakan bahasa melayu manado sebagai bahasa pengantara. Hanya saja melayu Manado di wilayah Tomohon dan Tombulu memiliki dialek tersendiri.

Tomohon di Mancanegara

Diapit oleh dua gunung berapi, Tomohon menjadi daerah yang subur.  Lantaran itu Kota Tomohon sangat baik untukn kegiatan tour. Awalnya hortikultura memegang peranan sangat besar di daerah ini. Barangkali lantaran kota ini tidak memiliki wilayah laut dan danau seperti daerah induknya, Minahasa. Namun demikian, berada di daerah pegunungan tidak serta merta menjadikannha terpencil dan tertinggal. Justru, lantaran keberadaannya di pegunungan banyak penduduk Manado yang rindu untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk keramaian kota.

Awal perkembangan wisata di kota ini tak lepas dari para misionaris-misionaris Zending. Konon saat mereka tiba dari eropa, mereka akan datang ke Kota Tomohon sebelum melanjutkan perjalanan ke daerah-daerah pesisir untuk tujuan misionaris. Mungkin mereka juga saat itu mengadakan kegiatan tour, meskipun Tomohon belum menjadi kota. Untuk apa? Penyesuaian iklim. Begitu juga sebaliknya. Sebelum mereka kembali ke negara asal, mereka akan menyesuaikan diri pelan-pelan dengan suhu udara di negerinya. Atau, sekedar melepas penat dari pekerjaan misi. Bahkan, dalam perjalanannya Sir Alfred Russel Wallace pernah berada di wilayah Tomohon.

Sekarang banyak dari para wisatawan yang mengunjungi pulau-pulau di Sulawesi Utara melakukan hal serupa. Seminggu atau dua minggu mereka berada di pulau-pulau, seminggu kemudian mereka berada di Tomohon.

Tempat Wisata di Tomohon

Tempat wisata di Kota Tomohon terbilang banyak. Rata-rata semua berhubungan dengan keindahan alam. Pemandangan dari bukit ke lembah mendominasi tempat-tempat wisata yang ada di sini. Seperti Bukit Doa Mahawu, Gunung Lokon, Gunung Mahawu, Bukit Valentine, Puncak Temboan dan Bukit Inspirasi Tomohon. Tempat – tempat ini menjadi favorit pengunjung baik dari Tomohon sendiri maupun luar Tomohon.

Tomohon punya beberapa Danau. Kebanyakan dari danau – danau ini terbentuk akibat aktivitas vulkanis. Danau yang paling fenomenal adalah Danau Linow. Letaknya pada bagian selatan kota. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke kota ini pasti mengunjungi danau ini. Mengapa sampai dia begitu fenomenal? Lantaran aktivitas vulkanis masih terus terjadi dari dalam dan sekitar danau. Sehingga ada fenomena alam dimana permukaan air danau sering berubah warna.

Bicara hal fenomenal, tidak hanya danau Linow saja. Pasar Beriman Tomohon terbilang sangat fenomenal di kalangan wisatawan. Lantaran di pasar ini bisa ditemukan penjual daging yang menjual daging ekstrim. Sebenarnya tidak hanya di pasar Beriman saja. Di hampir seluruh pasar tradisional di wilayah Minahasa menyediakan daging ekstrim ini. Namun, Pasar Beriman Tomohonlah yang paling terkenal. Lantaran banyak wisatawan yang datang ke sana.

Undangan untuk Jalan-Jalan di Tomohon

Flanation membuatkan paket tour bagi anda yang ingin mengunjungi Kota Tomohon. Apabila anda berada di Manado, silahka. hubungi kami. Manado dan Tomohon hanya berjarak 25 km saja. Jadi dekat sekali. Kami siap untuk bantu anda untuk mengenal kota ini. Jika anda di Tomohon, hubungi kami saja. Biarkan kami menjadi kawan dalam perjalanan anda keliling-keliling kota. Ada banyak cerita yang bisa anda ketahui dari kami. Tentang bagaimana kami hidup. Bagaimana kebudayaan kami. Bagaimana kami berinteraksi dengan alam, dan sebagainya.

Private Tour Sehari di Kota Tomohon

Silahkan daftar menggunakan link berikut ini

DestinasiTermasukTidak TermasukHargaTempat Pertemuan

Destinasi

Jika tour mulai dari Manado, bisa singgah di Patung Yesus Memberkati dan Puncak Tinoor
Kemudian Bukit Doa Mahawu, Pasar Tradisional Tomohon, Puncak Tetetana (FIT), BLPT, Danau Linow, Air Terjun Tumimperas Pinaras (FIT), Puncak Valentine.
Rombongan Besar (GIT) bisa berkunjung ke Pagoda dan Rumah Panggung Woloan dan Pusat Kota Tomohon

Termasuk

Pemandu Wisata,
Mobil,
Tiket-Tiket Masuk Obyek Wisata,
Tour Per Itinerary,
Air Mineral (Catatan: untuk mengurangi sampah plastik, kami tidak menyiapkan air kemasan botol sekali pakai. Kami sangat menyarankan anda membawa botol minum isi ulang sendiri. Kami menyiapkan Air Mineral kemasan dalam galon. Namun, kami bisa membantu menyiapkan botol air minum isi ulang untuk anda.

Tidak Termasuk

Hotel dan Tiket Pesawat,
Tipping untuk Pemandu Wisata dan sopir,
Keperluan Pribadi,
Snack dalam tour,
Tambahan Makanan dan Minuman dalam restoran,
souvenir,
Donasi dan sumbangan sukarela

Daftar Harga

Group Kecil / FIT Rp. 500,000 Per Orang (Minimum 5 Peserta Tour)
Group Besar / GIT Rp. 450,000 Per Orang (Minimum 20 Peserta Tour)

Hotel di Manado atau Tomohont

Itinerary

Tomohon, Minahasa Highlands

07.00 – 08.00 Pertemuan di Hotel (Manado atau Tomohon) dan Tour Mulai
08.00 – 09.00 Menuju Kota Tomohon
09.00 – 10.00 Sightseeing di Bukit Doa Mahawu
10.00 – 11.00 Sightseeing di Pasar Tradisional Tomohon
11.00 – 12.00 Sightseeing di Puncak Tetetana (Group Kecil / FIT)
12.00 – 13.00 Sightseeing di BLPT
13.00 – 15.00 Makan Siang dan Sightseeing di Danau Linow
15.00 – 16.00 Sightseeing di Air Terjun Tumimperas (Group Kecil / FIT)
16.00 – 17.00 Coffee Break di Puncak Valentine
17.00 – 18.00 Kembali Ke Hotel (Manado atau Tomohon) dan Tour Selesai

One Response to Private Tour Sehari di Kota Tomohon

  1. […] dibilang sebelumnya, Tomohon menjadi kota pertama dalam Tour Minahasa ini. Tomohon terkenal dengan nama lain, yaitu Kota Bunga. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

21